Thursday 23 February 2017

Pengalaman Kerja Di Distributor Consumer Goods Products

Yah...... Kali ini saya mau share bagaimana kerja di distributor yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman. 

Saya disini menjadi administrasi salah satu perusahaan distributor daerah yogyakarta. apa sih pekerjaan seorang administrasi, ya tentunya berbeda-beda dengan perusahaan lain, tergantung kebijakan perusahaan itu sendiri. Tapi disini saya bekerja sebagi Claim, jadi tugas saya meng-claim promosi atau program yang yang dijalankan distributor untuk meningkatkan penjualan produk-produknya yang sudah berakhir ke supliyer. Apa itu promosi, kalian tentunya tahu promo-promo yang ada di supermarket-supermarket atau mall-mall, dengan diskon ataupun dalam bentuk barang, contoh beli x dapat diskon 30%, beli x dapat y, nah itu diskon bukan semata-mata barang tidak laku ataupun sudah mendekati kadaluarsa, tapi memang ada promo untuk meningkatkan penjualan agar pembeli tertarik untuk membeli barang tersebut, dan itu pasti setiap bulan ada dan berturut-turut. 

Sebagai admin saya hanya melakukan berapa jumlah diskon yang diberikan ke toko selama promo tersebut berjalan, dan setiap program berbeda-beda ya, nah dari diskon itu saya klaim ke supliyer tentunya dengan hasil penjualan dan diskon yang ada di sistem dan yang terpakai. 

Selain itu membuat laporan promo itu penting, karena sales harus tau promo yang sedang berjalan apa saja dan tentunya budget untuk promo tersebut berapa, karena setiap promo memiliki budget berbeda-beda, budget yang dipakai biasanya diambil dari penjualan bulan-bulan sebelumnya. Mungkin itu dulu ya.hehe

2 comments: