Thursday 16 February 2017

Hasil Perhitungan Sementara, Real Count Pilkada DKI Mengunakan Data SITUNG

Setelah melakukan Pesta Demokrasi serentak dibeberapa daerah di Seluruh Indonesia, Ada yang menarik dalam pilkada kali ini yaitu di daerah Ibukota Jakarta.

Anda dapat melihat secara online dan ter-update dari perhitungan pilkada-dki.beritagar.id/real-count.

Penghitungan riil (real count) di laman tersebut bukan hasil penghitungan cepat, tapi menggunakan data dari laman SITUNG (Sistem Informasi Penghitungan Suara) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Setelah selesai penghitungan suara di 13.121 TPS se-DKI Jakarta, data akan dikirim dari KPPS ke tingkat kota saat itu juga. Lalu data Formulir C1, atau hasil rekapitulasi penghitungan suara di tingkat TPS, akan dipindai dan dimasukkan ke sistem KPU.
Data-data ini bukan hasil resmi dan final, karena kesalahan pada Form C1 masih dimungkinkan. Penghitungan resmi dilakukan secara manual, dan hasilnya ditetapkan melalui Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan KPU secara berjenjang mulai dari tingkat desa sampai dengan tingkat kabupaten/provinsi.

Pemungutan dan penghitungan suara Pilkada DKI Jakarta akan berlangsung pada 15 Februari 2017, selanjutnya KPU DKI Jakarta akan merekapitulasi suara pada 16-27 Februari 2017. Adapun penetapan pasangan calon terpilih rencananya dilakukan pada 11-13 Maret 2017.


Sumber : pilkada-dki

No comments:

Post a Comment