Saturday 22 October 2016

Cara Membuat Dan Belajar PivotTable Pada Excel

Hallo guys.. 
Ayo kita belajar bareng lagi, kali ini yang akan dibahas adalah cara mudah dan sederhana menggunakan PivotTable pada excel. Cara tersebut terbilang mudah dan banyak manfaat untuk mencari data yang ingin diperlukan tanpa harus mencari satu-satu. biar nggak capek.hehe.

Oke yang pertama kamu harus mempunyai data di excel, atau bisa ambil contoh di SINI GAN mungkin datanya beda sama yang ane pakai saat ini, tapi buat contoh bolehlah..
Yang pertama buka data menggunakan excel, oke.. setelah itu pilih pivottable atau bisa di-block dulu datanya dan pilih pivottable pada menu insert. dan akan muncul pernyataan untuk membuat pivottable  pilih OK saja gan, seperti pada gambar dibawah ini gan.

Gambar pilih pivottable

Gambar create pivottable

Oke gan sampai disini, setelah itu akan muncul sheet baru disamping data master, yang akan menampilkan pilihan dengan fields yang banyak, Kamu sesuaikan saja dengan yang kamu inginkan dengan memilih fields dan menyeret atau memindahkan fields di empat bagian yang ada, yaitu : Report Filter, Column Labels, Row Labels dan Values. Untuk hasilnya bisa dilihat contoh yang saya buat seperti ini,


Nah sekarang pilih yang ada di Report Filter gan, Report Filter yang saya pilih disini adalah Customer Code untuk memilih beberapa kode customer saja, Product Code untuk memilih beberapa kode produk yang ada, Chanel untuk memilih chanel mana saja yang akan ditampilkan dan Nama Sales untuk menampilkan data sales sesuai yang dipilih. 
Dari gambar diatas pada Row Labels akan menampilkan Nama Toko, Column Labels akan menampilkan Bulan dan Values akan menampilkan Gross Amount

Selanjutnya kita bisa memilih dari Report Filter dengan Fields Nama Sales, dari situ kita dapat memilih nama sales siapa saja yang akan kita tampilkan, bisa semua sales atau beberapa sales saja yang akan ditampilkan. 
Contohnya dapat dilihat pada gambar, jika kita memilih semua sales maka akan ditampilkan semua sales, kita juga bisa memilih beberapa sales seperti Ali, Ari, Deki ataupun yang lainnya dengan menandai Chek atau centang pada nama sales tersebut. 

Oke gan sampai sini sudah paham kan dengan yang namanya PivotTable. Jadi intinya PivotTable adalah Fitur pada Excel yang memudahkan untuk membuat ringkasan data berupa tabel interaktif , padat informasi dan dapat dilengkapi dengan chart. Hasil analisa dari PivotTable biasanya menjadi dasar laporan manajemen. 

Regards...

No comments:

Post a Comment